MAU DIET? MAKAN 3x SEHARI


Selama ini, banyak anggapan bahwa makan lima kali sehari dengan porsi kecil (termasuk camilan) bisa membantu seseorang yang sedang dalam proses diet untuk kurangi berat badan. Namun sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan sebaliknya.

Penelitian tersebut menyatakan, makan tiga kali sehari dalam porsi regular sebenarnya lebih efektif membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan catatan, memasukkan makanan berprotein lebih tinggi dalam setiap porsi.

"Saat mengonsumsi makanan kaya protein, seseorang yang ingin menurunkan berat badan akan merasa kenyang sepanjang hari. Mereka juga bisa mengurangi keinginan makan saat larut malam dan lebih jarang membayangkan makanan," tutur Heather J. Leidy, asisten profesor dalam bidang nutrisi dan fisiologi di University of Missouri, seperti dikutip dari Times of India.

Heather juga menambahkan, frekuensi makan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mengontrol selera makannya. Tapi banyaknya makanan dalam sekali makan yang memegang peranan besar dalam proses diet. Makan dalam porsi normal (tidak sedikit/tidak terlalu banyak) membuat perut kenyang lebih lama sehingga selera makan berkurang.

"Tapi perlu diingat, bukan hanya porsi yang harus diperhatikan tapi juga kandungan kalorinya," tambah Heather.


Heather menyarankan, tambahkan asupan protein dalam tiga porsi makan reguler per hari untuk membantu mengontrol selera makan dan merasa lebih kenyang.

"Telur, daging ayam tanpa kulit dan ikan adalah sumber terbaik protein sehat. Untuk yang tidak terbiasa mengonsumsi protein saat sarapan, mulailah dengan makan telur," jelas Wayne W. Campbell, ahli nutrisi dan makanan.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9149955